RUANG BACA FE UNISKA

Koordinasi Digital Library PERPUS FE UNISKA

Koordinasi digital library pada Tanggal 07 Desember 2020, Ka.PERPUS FE UNISKA Zulfia Rahmawati,SE., M.SEI dan Petugas PERPUS Akuntansi Puji Rahayu,SE,M.M melakukan koordinasi dengan ka.Biro SIM UNISKA Sadam Al Amin dan Allif Musthofa serta Pustakawan UPT PERPUS UNISKA Risa Berti Pambudiningtyas, S. I.Pust. terkait pengembangan digital library pada Perpustakaan Fakultas Ekonomi Uniska.

Digital library dimulai dengan Klasifikasi Dewey Decimal Classification (DDC).DDC merupakan sebuah sistem klasifikasi perpustakaan yang diciptakan oleh Melvil Dewey (1851-1931) pada tahun 1876, dan sejak saat itu telah banyak dimodifikasi dan dikembangkan dalam 23 kali revisi yang telah terjadi hingga tahun 2011.

DDC sebagai dasar untuk penginputan data pada Online Public Access Catalog (OPAC) adalah sistem katalog terpasang yang dapat diakses secara umum dan dapat dipakai pengguna untuk menelusuri data katalog untuk memastikan apakah perpustakaan menyimpan karya tertentu untuk mendapatkan informasi tentang lokasinya dan jika sistem katalog dihubungkan dengan sistem sirkulasi, maka pengguna dapat mengetahui apakah bahan pustaka yang sedang dicari tersedia di perpustakaan atau sedang dipinjam. OPAC merupakan perkembangan teknologi di dalam ilmu perpustakaan, selain memberikan kemudahan bagi pengguna juga kemudahan bagi petugas perpustakaan dalam melakukan kegiatan pengatalogan. (fia)


Tags :  kegiatan

Share :

More Posts